Kenapa anda tetap membutuhkan website bisnis?

Masuk di era digital dimana sosial media sangat berpengaruh kepada bisnis untuk memperkenalkan produk, melakukan jual beli, membentuk opini, bersosialisasi dan hal-hal yang dapat membantu dalam meningkatkan penjualan, maka setiap orang dituntut untuk mengikuti teknologi dan media informasi terbaru untuk tetap bertahan.

Dengan banyaknya social media di dunia : Facebook, twitter, linked in, G+ , Instagram, Pinterest, foursquare dan banyak lagi lainnya, terbesit pertanyaan sederhana:

kenapa saya membutuhkan website bisnis ? saya mempunyai social media yang diikuti oleh ribuan follower yang menyukai produk / jasa yang saya berikan.”

Jawaban pertanyaan diatas dapat kita lihat dari pengalaman-pengalaman terdahulu.. Social media terbesar saat ini adalah Facebook, sebelumnya kita mengenal Friendster dan myspace kedua social media ini adalah social media terbesar dimasanya , untuk saat ini kedua social media tersebut kalah pamor dibandingkan facebook, twitter, dan instagram. bahkan friendster.com saat ini sudah tidak aktif. Kita tidak tahu kondisi social media besok, ataupun tahun depan.

 

Lalu pada term and policy social media, selalu terus berkembang… tidak jarang pengguna social media kehilangan account mereka karena melanggar kebijakan yang sudah ditetapkan ataupun dikarenakan hal-hal lain. Bila hal itu terjadi, dimana bisnis anda terfokus pada social media saja, ini akan menjadi kerugian yang besar, karena mau tidak mau anda harus mengulangi apa yang anda telah capai selama ini.

Lalu bagaimana dengan Market Place?

Saya menawarkan produk dan jasa di market place seperti buka lapak, olx, tokopedia dan toko online lainnya ataupun media komunitas seperti kaskus, buat apa saya memiliki website bisnis sendiri?

Jawabannya yg serupa dengan social media, ketika anda terdaftar baik di social media, market place, komunitas ataupun lainnya, anda terdaftar dalam suatu platform system dimana kontrol tidak ada ditangan anda.

Website sebagai fondasi dasar dari bisnis online

 

Apakah menjalankan social media, komunitas , berjualan di market place membuang waktu anda untuk masa depan? SEBALIKNYA.. semua hal tersebut adalah bagian penting dari internet marketing. Justru kesempatan inilah yang perlu anda gunakan mengarahkan kedalam website bisnis usaha anda, agar para customer anda mengetahui dimana mereka dapat mencari bisnis anda.

Pentingnya mempunyai website dengan nama domain sendiri sebagai aset bisnis online usaha anda, ketika orang mencari nama usaha anda akan masuk ke website anda sendiri, ini akan mengurangi kompetitor ketika anda tergabung di dalam marketplace / social media / komunitas lainnya. Ketika anda mempunyai sumber traffic maka biasakan customer anda untuk diarahkan kepada website anda. Karena internet selalu berubah setiap harinya.

Sementara social media sangat popular, search engine google, yahoo , bing dan lainnya masih menjadi prioritas utama ketika customer mencari informasi produk ataupun jasa. Dengan memiliki website bisnis profesional sendiri anda berpeluang untuk mempertahankan loyalitas customer sambil meraih pangsa pasar baru.